Rabu, 24 Februari 2016

Penebangan Liar ~ Saebu

Penebangan Liar
       Untuk berbagai kepentingan dan pemenuhan kebutuhan hidupnya, manusia sering kali tidak memerhatikan tindakan yang dilakukannya. Sering kita mendengar terjadinya penebangan liar yang dilakukan oleh tangan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka mungkin menyadarinya, sehingga yang terjadi pertimbangan hanyalah keuntungan semata. Padahal, yang menanggung dampaknya adalah penduduk yang tinggal di sekitar areal penebangan pohon di hutan tersebut.
        Dalam bahasa inggris, penebangan liar disebut dengan iatilah illegal logging. Penebangan liar adalah suatu kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari pemerintah daerah setempat.
         Memang terasa sulit sekali menentukan jumlah kegiatan penebangan liar karena aktivitas penebamgan liar sendiri yang tidak sah, tetapi beberapa sumber terpercaya menunjukan bahwa lebih dari setengah dari semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi didaetah aliran sungai amazon, afrika tengah, asia tenggara, Rusia, dan beberapa negara negara balkan. Tifak terkecuali pula yang terjadi di indonesia.
          Banyak hutan hutan di indonesia menjadi korban tangan tangan manusia yang tidak beryanggung jawab, dan hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri. Padahal, hal ini sangat merugikan rakyat indonesia dengan kerusakan alam yang ditimbulkannya. Terjadinnya berbagai bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir merupakan contoh bencana yang timbul akibat kerusakan alam. Oleh karena itu, sepantasnyalah kita memerangi para penebang liar agar kelestarian alam tetap terpelihara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar